Skip to content
1500 Mushaf Quran dan 140 Iqra untuk Saudara Muslim di Pelosok Cisewu Garut

1500 Mushaf Quran dan 140 Iqra untuk Saudara Muslim di Pelosok Cisewu Garut

Bandung, 28 Mei 2023 – Sebuah inisiatif wakaf Al-Qur’an di Pelosok Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi sorotan dalam upaya membangun pusat pendidikan agama yang berkualitas di daerah tersebut. Dalam semangat kepedulian terhadap peningkatan pendidikan agama, Tim Marwah Wakaf Indonesia telah berhasil mendistribusikam Mushaf Quran dan Iqra untuk didistribusikan kepada masjid-masjid dan lembaga pendidikan agama di wilayah Pelosok Kecamatan Cisewu.

Alhamdulillah, terdata sebanyak:
1500 Mushaf Quran
140 pcs Iqra

Telah didistribusikan ke sejumlah tempat yang membutuhkan seperti Masjid, Madrasah, langgar dan lembaga islam lainnya di wilayah Pelosok Cisewu terhitung sejak Jum’at (26/05/2023) hingga Sabtu (27/05/2023).

Dalam pelaksanaan misi mulia ini, Tim Marwah menurunkan 3 relawan di antaranya Rozak, Rizal dan Hanafi. Tim pun merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman agama di masyarakat, terutama melalui pemahaman Al Quran mengingat masih begitu terbatasnya ketersediaan Mushaf Quran yang layak di wilayah Pelosok Cisewu.

1500 Mushaf Quran dan 140 Iqra untuk Saudara Muslim di Pelosok Cisewu Garut

Melalui wakaf ini, Tim Marwah berharap dapat memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat setempat untuk mempelajari dan mengamalkan Al Quran.

Sebanyak 30 dus berisi Mushaf Quran dan 1 Dus berisi Iqra yang diwakafkan oleh para donatur pun telah berhasil disalurkan ke sejumlah Masjid, Madrasah, Yayasan, Langgar dan lembaga islam lain di Desa Cikarang, Desa Karangsewu dan sekitarnya.

Tak jarang tim menemukan masjid dengan kondisi Al Quran serta Iqra yang sudah mulai usang dan sobek. Serta bangunan-bangunan dan fasilitas ibadah lainnya tidak selayak tempat ibadah pada umumnya. Berharap setelah ini, tak hanya mendistribusikan manfaat berupa Mushaf Quran dan Iqra saja, tetapi juga bantuan fasilitas ibadah lainnya untuk masyarakat di Cisewu.

Inisiatif wakaf Al-Qur’an di Cisewu Garut ini memberikan dorongan positif bagi pengembangan pendidikan agama di daerah tersebut. Dengan adanya bantuan Mushaf Quran ini, diharapkan generasi muda Cisewu juga dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki pemahaman agama yang baik dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semangat wakaf Al-Qur’an ini tidak hanya mendorong peningkatan pemahaman agama, tetapi juga memperkuat hubungan antara masyarakat, masjid, dan lembaga pendidikan agama. Kebersamaan dalam membangun pusat pendidikan agama yang berkualitas merupakan langkah positif dalam mewujudkan masyarakat yang Islami dan bermartabat.

Ada suatu hal yang agak lain ketika tim memasuki daerah pelosok Karangsewu (26/05/2023). Di sana tim bertemu dengan adik-adik hebat yang sedang dalam perjalanan pulang sekolah.

1500 Mushaf Quran dan 140 Iqra untuk Saudara Muslim di Pelosok Cisewu Garut

Sedikit bercerita tentang perjuangan adik-adik yang rela menempuh perjalanan hingga 2 jam untuk tiba di sekolah mereka, hanya dengan berjalan kaki. Salah satu anak mengatakan bahwa untuk sekolah, setiap harinya ia harus rela berangkat jam 5 subuh supaya bisa datang tepat waktu di sekolah.

Alhamdulillah, tim berkesempatan untuk membagikan Mushaf Quran baru untuk adik-adik dan juga salah satu penduduk yang kebetulan sedang melintas di daerah tersebut. Meski harus menempuh medan perjalanan yang sulit, bahkan kendaraan yang digunakan oleh tim untuk mengangukut Al Quran pun hampir terguling. Namun, Alhamdulillah tim masih diberi keselamatan oleh Allah SWT. Hingga akhirnya, Mushaf Quran dan Iqra pun berhasil sampai di tangan mereka yang sangat membutuhkannya.

1500 Mushaf Quran dan 140 Iqra untuk Saudara Muslim di Pelosok Cisewu Garut

MasyaAllah, Jazakumullah khairan katsiran, orang-orang baik.